Layanan Rekomendasi VISA untuk Bekerja (TA.01 PMDN)

Deskripsi

Setelah RPTKA disetujui, langkah selanjutnya adalah mengajukan permohonan untuk rekomendasi TA01 di Departemen Tenaga Kerja . TA 01 sebenarnya adalah sebuah pernyataan rekomendasi dari Depnaker untuk Ditjen Imigrasi sehingga pemohon diperbolehkan untuk dapat memohon visa kerja . Dengan demikian , surat persetujuan asli rekomendasi TA01 akan diberikan ke Ditjen Imigrasi untuk mendapatkan surat rekomendasi untuk VITAS atau VBS (Visa Tinggal Terbatas). Namun pemohon tetap harus memiliki fotokopi dokumen ini , karena mungkin di lain waktu surat ini dapat ditanyakan oleh petugas lapangan ketika sedang inspeksi. RPTKA dan rekomendasi TA-01 adalah dokumen-dokumen yang diperlukan oleh tenaga kerja asing di Indonesia untuk mengajukan permohonan izin kerja. Dokumen ini tidak diperlukan bagi anggota keluarga tanggungan dari Tenaga Kerja Asing (TKA) tersebut, pasangan pendamping dan anak-anak sampai usia 17 tahun, maka anggota keluarga tanggungan hanya diperbolehkan untuk tinggal bersama dengan pasangan kerja/orang tua sedangkan di Indonesia, sehingga dokumen ini TIDAK diberikan kepada mereka untuk bekerja. Oleh karena itu keluarga pemegang visa anggota dependen tidak memiliki RPTKA & TA 01. Jika pasangan yang sedang merencanakan untuk bekerja di Indonesia, dia harus mengajukan permohonan ijin kerja dan ijin tinggal dari perusahaan atau lembaga yang mempekerjakan TKA (sebagai sponsor).

A. Dasar Hukum

  1. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal;
  2. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah;
  3. Peraturan Presiden Republik Indonesia Tahun 2010 tentang Daftar Bidang  Usaha Yang Tertutup Dan Bidang Usaha Yang Terbuka Dengan Persyaratan Di Bidang Penanaman Modal;
  4. Peraturan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2013 tentang Pedoman dan Tata Cara Perizinan dan Non Perizinan Penanaman Modal;
  5. Peraturan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal tentang Pedoman dan Tata Cara Perizinan dan Non Perizinan Penanaman Modal;
  6. Peraturan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 12 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Terpadu Satu Pintu;
  7. Peraturan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 85 Tahun 2016 tentang Susunan Organisasi, Kedudukan, Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Berita Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2016 Nomor 85);
  8. Keputusan Gubernur Sulawesi Sulawesi Selatan Nomor: 2076/X/Tahun 2016 tentang Pendelegasian Kewenangan Penandatanganan Perizinan dan Non Perizinan Kepada Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah Provinsi Sulawesi Selatan;

B. Persyaratan Pelayanan
1.Surat Permohonan ditujukan kepada Kepala DPMPTSP Prov. Sulsel;
2.Fotocopy RPTKA yang masih berlaku;
3.Daftar Riwayat Hidup TKA (CV);
4.Fotocopy Ijasah TKA;
5.Fotocopy Paspor TKA;
6.Pas photo 4 x 6 : 2 Lembar;
7.TKI Pendamping Untuk Tenaga Ahli.
C. Prosedur Pelayanan

  1. Pemohon menuju touchscreen atau Customer Services :
    1. Mencari informasi pelayanan yang dibutuhkan;
    2. Mengambil Formulir Permohonan;
  2. Petugas Loket Informasi/Customer Services:
    1. Apabila pemohon masih dalam rangka mencari informasi maka petugas informasi memberikan penjelasan tentang persyaratan dan prosedur pengajuan permohonan pelayanan;
    2. Apabila pemohon tersebut adalah pemohon yang telah siap dengan kelengkapan peryaratan pengajuan permohonan, dipersilahkan menuju ke Loket Pendaftaran;
  3. Pemohon menyerahkan berkas permohonan ke Loket Pendaftaran/Desk Pelayanan dengan melampirkan persyaratan yang telah ditentukan;
  4. Petugas Loket Pendaftaran/Desk Pelayanan :
    1. Meneliti berkas persyaratan, dan setelah persyaratan permohonan dinyatakan lengkap maka berkas diterima;
    2. Petugas pendaftaran memberikan tanda terima kepada pemohon;
    3. Menginformasikan waktu penyelesaian dan  biaya yang harus dibayar apabila dikenakan biaya pelayanan/retribusi;
  5. Tim Teknis :
    1. Menerima berkas dari loket pendaftaran/desk pelayanan yang sudah dinyatakan lengkap;
    2. Melakukan validasi terhadap berkas;
    3. Apabila berkas telah lengkap dan valid, selanjutnya diserahkan ke Kepala Seksi (korektor) untuk diproses lebih lanjut;
    4. Apabila permohonan izin dimaksud memerlukan kajian teknis, maka dibuatkan pengantar ke Kepala Seksi (korektor);
  6. Kepala Seksi (korektor):
    1. Melakukan verifikasi terhadap berkas permohonan;
    2. Membuat pengantar ke Unit Reaksi Cepat (URC) SKPD dan diserahkan ke Kepala UPT P2T (Verifikator);
    3. Memerintahkan pencetakan surat izin untuk permohonan yang telah lengkap, valid dan memenuhi persyaratan;
  7. Loket Penyerahan :

    Setelah Sub Bagian Tata Usaha menomor izin/rekomendasi menyerahkan surat izin/rekomendasi ke pemohon melalui petugas loket penyerahan, dengan meminta tanda bukti pendaftaran, bukti pembayaran retribusi dan membuat tanda terima.

D. Waktu Pelayanan

Jangka waktu proses berkas diterima sampai dengan izin diterbitkan selama 3 (TIGA) HARI KERJA sejak tanggal diterimanya berkas permohonan secara lengkap dan benar.

E. Biaya / Tarif

Rp 0

F. Produk Pelayanan

Rekomendasi VISA untuk Bekerja (TA.01 PMDN) diterima oleh pemohon yang dicetak dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • 1 (satu) rangkap ASLI Rekomendasi VISA untuk Bekerja (TA.01 PMDN);
  • Kertas ukuran F4, Tebal 80 gram;
  • Tanda tangan an. Gubernur Sulawesi Selatan selaku Administrator Perizinan dan cap stempel basah BKPMD Provinsi Sulawesi Selatan;
  • Nomor Izin berdasarkan automasi penomoran Sistem Informasi Manajemen Administrasi Perizinan (SIMAP) oleh BKPMD Provinsi Sulawesi Selatan;
  • Tanggal Izin berdasarkan tanggal terbitnya izin;
  • Sah dimata hukum sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku;

G. Pengelolaan Pengaduan

  1. Pelayanan Informasi dan Pengaduan ditangani oleh dua orang Petugas;
  2. Petugas Pelayanan Informasi dan Pengaduan Masyarakat memiliki kompetensi sebagai berikut :
    1. Memiliki sikap dan perilaku yang sopan dan ramah;
    2. Menguasai teknik berkomunikasi yang baik;
    3. Memiliki latar belakang pendidikan komunikasi dan psikologi;
  3. Dilengkapi sarana dan prasarana informasi pelayanan untuk setiap jenis layanan dan penerimaan pengaduan meliputi telepon/fax, Formulir Pengaduan/Buku Agenda Pengaduan, SMS Pengaduan, Pengaduan via email, rak arsip, komputer;

SOP Izin (PDF) Kembali

Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan

Alamat : Jln. Bougenville No. 5 Makassar 90231
Fax. (0411) 448936
Telpon : (0411) 441077
Email : uptp2tprovsulsel@gmail.com

STATISTIK PENGUNJUNG

Pengunjung Online : 1
Pengunjung hari ini : 1
Total pengunjung: 65.875